GURU DAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER

IMPLEMENTASI GERAKAN NASIONAL REVOLUSI MENTAL (STUDI KASUS DI SMAN 3 JEMBER)

Penulis

  • Aryni Ayu Widiyawati SMA Negeri 3 Jember

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis guru dan pendidikan karakter sebagai bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental yang mengandung unsur pendidikan, pengembangan karakter, wawasan kebangsaan, dan etika. Guru sebagai tokoh sentral dalam pendidikan, selalu berhubungan dengan pembentukan pengembangan karakter. Pendidikan nasional berdasarkan Undang-undang No. 20 Tahun 2003 bertujuan mengembangkan kemampuan dan membentukwatak serta peradaban bangsayang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnyapotensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif mandiri, dan menjadi warga negarayang demokratis serta bertanggungjawab. Pendidikan Karakter menurut Lickona merupakan suatu usaha yang disengaja untuk membantu seseorang sehingga dapat memahami, memperhatikan, dan melakukan nuai-nilai etika yang intiter masuk nilai-nilai dalam tujuan pendidikan nasional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik kepustakaan, pengamatan, praktik mengajar, dan wawancara mendalam dengan pihak-pihak terkait. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru dan pendidikan karakter sejatinva merujukpada teori strukturalfungsional Robert K. Merton sebuah struktur organisyang tak dapat dipisahkan antara anggota dan tubuhnya. Strategi untuk pendidikan karakter dapat diimplementasikan melalui: (1) memberikan model nvata, (2) menanamkan disiplin, (3) membentuk kebiasaan, (4) menciptakan atmosfer yang kondusif (5) integrasi dan internalisasi di SMA Negeri 3 Jember.

Unduhan

Diterbitkan

2019-08-11