Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Artikel belum pernah dipublikasikan sebelumnya (penjelasan telah disediakan di Komentar untuk Editor).
  • File pengiriman dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, atau RTF.
  • Jika tersedia, URL untuk referensi telah disediakan.
  • Teks artikel menggunakan spasi 1,5 ; menggunakan font 12; menggunakan huruf miring, bukan garis bawah (kecuali dengan alamat URL); dan semua ilustrasi, gambar, dan tabel ditempatkan di dalam teks pada titik yang sesuai, bukan di akhir.
  • Teks mengikuti gaya dan bibliografi yang diuraikan dalam Pedoman Penulisan.

Author Guidelines

PEDOMAN BAGI PENULIS JURNAL JANTRA  (ID)

Jurnal Jantra  merupakan jurnal yang  memiliki  fokus  pada  bidang    sejarah dan budaya. Artikel yang dimuat adalah hasil penelitian dan review (atas undangan) tentang kajian  sejarah dan nilai budaya yang belum pernah dimuat atau tidak dalam proses review/penerbitan pada jurnal ilmiah lainnya dan merupakan hasil karya sendiri bukan plagiat. Untuk  memudahkan  proses  penyuntingan,  para  penulis  disarankan  untuk  mengikuti  petunjuk  penulisan  artikel ini secara keseluruhan.

PETUNJUK UMUM

Artikel disusun dengan format sebagai berikut: Judul ditulis dengan huruf kapital (dalam bahasa Indonesia), Penulis dan lembaga serta alamat korespondensi, Abstrak, Kata Kunci (dalam bahasa Indonesia), Judul ditulis dengan huruf kapital (dalam bahasa Inggris), Abstrak, Kata Kunci (dalam bahasa Inggris), Pendahuluan (Latar Belakang dan Tujuan, Metode, Kerangka berfikir), Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Ucapan Terima Kasih (jika diperlukan), dan Daftar Pustaka.

Artikel dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris sepanjang 15-20  halaman termasuk daftar pustaka dan tabel. Artikel diketik menggunakan program MS-Word, dengan format kertas A4 dengan margin atas dan kiri 4 cm, margin bawah dan kanan 3 cm, margin kiri 4 cm, margin kanan 3 cm, dengan menggunakan tipe huruf Times New Roman, ukuran font 12, dan spasi 2. Judul naskah berbahasa Indonesia terdiri maksimal 13 kata, sedangkan jika berbahasa Inggris terdiri maksimal 10 kata. Artikel dikirimkan berupa  data lunak (soft file). Foto-foto/ilustrasi dikirim dalam format JPEG dengan besaran file tidak lebih dari 100Kb. Desimal menggunakan tanda koma bukan titik; bilangan ribuan atau jutaan dipisahkan oleh tanda titik (Rp 25.500 atau $ 1.000).

HALAMAN DEPAN

JUDUL

Judul artikel terdiri atas kata-kunci (variabel) yang penting dan menarik. Sebaiknya hindari penggunaan kata “studi”, “pengaruh”, “hubungan”, dan “analisis”. Ditulis dalam bahasa Inggris dan Indonesia terdiri atas 13 kata (bahasa Indonesia) dan 10 kata (Bahasa Inggris). Judul bahasa Indonesia  dan bahasa Inggris ditulis dengan huruf kapital .

Identitas Penulis

Artikel harus disertai alamat penulis meliputi: lembaga/ afiliasi penulis atau nama perguruan tinggi tempat studi, alamat lengkap dan mencantumkan korespondensi dan surat elektronik (email) yang aktif dari salah satu penulis. Penulisan alamat untuk penulis artikel menggunakan font 11 Times New Roman.

Abstrak

Berisi uraian singkat tentang latar belakang masalah, tujuan penelitian, metode, hasil, dan kesimpulan dalam satu paragraf. Artikel harus disertai dengan abstrak dan kata kunci dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris ditulis dengan jumlah kata maksimal 150 kata dalam format esai, ukuran huruf (font) 12 Times New Roman mengunakan spasi 1 dalam satu alinea, dan artikel berbahasa Inggris tidak dimiringkan. Penulisan kata kunci menggunakan font 12 Times New Roman dengan spasi satu terdiri 3-5 kata.

PENDAHULUAN /INTRODUCTION

Bagian ini berisikan latar belakang masalah yang merupakan ulasan rasional dilakukannya penelitian yang didukung dengan hasil penelitian terkini (state of the art) dari jurnal dalam dan luar negeri sebagai sumber acuan primer. Pada bagian ini juga dilengkapi hipotesis (bila ada), tujuan penelitian, kajian pustaka, metode dan kerangka pikir, sekitar 4 halaman 2 spasi. Pengantar mengacu pada beberapa pustaka yang menjadi landasan atau alasan penelitian, pengantar juga memuat isu-isu penting yang terkait dengan masalah penelitian. Acuan yang dipakai merupakan acuan terkini, primer, mutakhir, relevan dan dituliskan secara ringkas dan efektif.

PEMBAHASAN/ DISCUSSION

Bagian pembahasan meliputi sajian secara sistematik, hanya data/informasi yang terkait dengan tujuan penelitian; jika memakai tabel tidak perlu garis vertikal, gambar, peta, foto lebih difokuskan pada objek yang diteliti (diupayakan dalam format JPG dengan besaran file tidak lebih dari 100Kb); tabel, gambar, foto diberi nomor urut. Pembahasan berisi pemaknaan peneliti terhadap hasil penelitiannya dan batasan peneliti terhadap hasil temuannya atau diskusi yang menghubungkan dan membandingkan hasil penelitian dengan teori/konsep/temuan dari hasil penelitian  lain menggunakan acuan primer. Pembahasan harus bermakna tidak sekedar menarasikan hasil, serta sebaiknya mengemukakan implikasi dari hasil penelitian.

PENUTUP

Bagian ini berisi Kesimpulan dan Saran. Kesimpulan merupakan jawaban dari tujuan/masalah  penelitian dan bukan merupakan ringkasan hasil penelitian. Saran bersifat opsional, berada dalam bab kesimpulan dan hanya dipisahkan oleh alinea. Saran dapat berupa implikasi terhadap program dan penelitian lanjutan yang perlu dilakukan sehubungan dengan temuan penelitian atau kesimpulan penulis.

REFERENSI (DAFTAR PUSTAKA)

Daftar Pustaka disarankan menggunakan aplikasi pengelolaan referensi seperti Zotero atau Mendeley agar ketepatan format dapat dijaga.  Style yang digunakan adalah APA Sixth Edition.

ACKNOWLEDGEMENT/ UCAPAN TERIMA KASIH

Ucapan Terima Kasih bersifat opsional (boleh ditulis atau pun  tidak). Berisi ucapan terima kasih kepada pemberi dana atau sponsor, penyumbang bahan dan sarana penelitian. Penyebutan nama dalam ucapan terima kasih dituliskan tanpa  menggunakan gelar.

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan di laman  jurnal ini  digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal, dan tidak digunakan untuk tujuan lain maupun pihak lain.