Penguatan Pendidikan Karakter: Implementasi Karakter Religius di Poso, Sulawesi Tengah

Penulis

  • Mikka Wildha Nurrochsyam Pusat Penelitian Kebijakan, Balitbang dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

DOI:

https://doi.org/10.52829/jantra.v15i1.135

Kata Kunci:

Pendidikan, karakter, religius

Abstrak

Masyarakat Poso yang beragam keyakinan memerlukan karakter religius seperti solidaritas,
toleransi, dan kepedulian sosial dan nilai sosial lain yang harmoni. Salah satu upaya untuk membentuk masyarakat yang toleran adalah melalui pendidikan. Penguatan Pendidikan Karakter bagi peserta didik diperlukan untuk mentransformasikan nilai religius yang membuat harmoni dalam kehidupan sosial. Penelitian ini mempunyai tujuan: 1) Mengidentifikasi implementasi karakter utama religius dalam Penguatan Pendidikan Karakter di tingkat satuan pendidikan. 2) Melakukan analisis implementasi karakter utama religius dalam Penguatan Pendidikan Karakter di satuan pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penguatan Pendidikan Karakter religius di satuan pendidikan diimplementasikan melalui tiga bentuk: Pertama, melalui praktik keagamaan yang cenderung dominan seperti pelaksanaan ritual-ritual. Kedua, melalui kegiatan sosial keagamaan untuk menanamkan sikap toleransi, kepedulian sosial dan solidaritas. Ketiga, melalui literasi yang cenderung menekankan bacaan-bacaan hukum agama dari pada bacaan yang menimbulkan spirit agama dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Diterbitkan

2020-06-22

Terbitan

Bagian

Artikel