Jantra dapat diartikan sebagai roda berputar, yang bersifat dinamis, seperti halnya kehidupan manusia yang selalu bergerak menuju ke arah kemajuan. Jurnal Jantra merupakan wadah penyebarluasan tentang dinamika kehidupan manusia dari aspek sejarah dan budaya. Artikel dalam Jurnal Jantra bisa berupa hasil penelitian, tanggapan, opini, maupun ide atau pemikiran penulis. Artikel dalam Jantra antara 15-20 halaman kuarto, dengan huruf Cambria, Font 12, spasi 2, disertai catatan kaki dan menggunakan bahasa populer namun tidak mengabaikan segi keilmiahan. Dewan Redaksi Jantra berhak mengubah kalimat dan format penulisan, tanpa mengurangi maksud dan isi artikel. Tulisan artikel disampaikan dalam bentuk file Microsoft Word  dikirim melalui OJS dengan alamat https://jantra.kemdikbud.go.id atau  E-mail : jantra@kemdikbud.go.id.


Fokus & Ruang Lingkup Jurnal

Sejarah

Meliputi kajian sejarah yang bertema nasionalisme dan pengembangan karakter bangsa melalui bidang sosial, ekonomi, politik, budaya dengan ruang lingkup utama wilayah Indonesia, dan wilayah lain apabila ada keterkaitan dengan Indonesia, yang bisa dijadikan media diseminasi dalam menanamkan sikap kebangsaan.

Budaya

Meliputi pokok kajian dalam bidang antropologi, geografi, naskah kuna,  yang membahas tentang perubahan budaya, kearifan lokal, tradisi lisan, simbol, sistem pengetahuan, kerajinan, religi, keragaman budaya.


Keberkalaan

Jantra terbit dua kali dalam satu tahun pada bulan Juni dan Desember.


Kebijakan Akses Terbuka (Open Access Policy)

Jantra  merupakan jurnal yang dapat diakses secara publik/terbuka untuk mendukung penyebarluasan ilmu pengetahuan khususnya terkait bidang Sejarah dan Budaya .


Proses Peer Review 

Proses peer review di Jantra mencakup langkah-langkah berikut:

Penyerahan Artikel: Penulis mengirimkan artikel ke Jurnal melalui sistem jurnal online terbuka (OJS).

Pemeriksaan Editorial: Editor Jurnal memeriksa komposisi dan tata penulisan artikel berdasarkan Panduan Penulisan Jurnal untuk memastikan bahwa artikel tersebut sesuai dengan gaya selingkung  yang ditentukan serta pada tahap ini, artikel juga melalui proses deteksi plagiarisme untuk menghindari artikel yang dikirimkan serupa dengan artikel lain yang telah diterbitkan.

Pemeriksaan oleh Chief Editor: Chief Editor memeriksa artikel untuk Jurnal terkait orisinalitas  dan substansi yang sesuai. Jika tidak, artikel tersebut dapat ditolak tanpa peninjauan lebih lanjut.

Telaah Mitra Bestari : Editor mengirimkan artikel yang masuk ke mitra bestari yang kompeten dalam bidang keilmuan untuk menelaah artikel tersebut. Mitra bestari menelaah  Artikel yang dikirim oleh dewan redaksi jurnal Jantra beberapa kali. Hasil telaah mitra bestari  kemudian diserahkan ke Jurnal disertai rekomendasi untuk menerima atau menolak artikel , atau dengan permintaan revisi (baik revisi mayor atau minor) sebelum dipertimbangkan kembali.

Dewan Redaksi Mempertimbangkan Hasil telaah: Editor mempertimbangkan semua hasil telaah mitra bestari untuk selanjutnya disampaikan kepada penulis. Jika telaah memerlukan pembahasan lebih lanjut, editor dapat menunjuk mitra bestari lainnya  untuk mendapatkan pertimbangan lebih lanjut, sebelum membuat keputusan.

Penyampaian Keputusan: Editor mengirim email hasil telaah mitra bestari  kepada Penulis termasuk komentar yang relevan.

Tahapan  Selanjutnya: Jika diterima, artikel melalui tahap penyuntingan selanjutnya. Jika artikel ditolak, artikel dikirim kembali kepada penulis disertai pemberitahuan. Jika artikel membutuhkan revisi, editor menyertakan komentar konstruktif dari mitra bestari untuk membantu Penulis memperbaiki artikel.

Format dan Publikasi: Setelah artikel direvisi oleh penulis , artikel kemudian melalui tahap penyuntingan tata bahasa dan layout untuk proofreading, selanjutnya siap untuk diterbitkan.


Etika Publikasi

Jantra mengikuti serangkaian pedoman dan rekomendasi yang diterbitkan oleh Komite Etika Publikasi (COPE), dan pernyataan kebijakan Editorial Dewan Editor Sains (CSE). Semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan termasuk editor, Mitra bestari, penulis, dan pihak lain harus terbiasa dengan hal tersebut dan terutama untuk mematuhi pedoman etika publikasi dan pernyataan malpraktik yang dijelaskan.

Publikasi dan kepengarangan
Semua kontribusi sesuai dengan fokus dan ruang lingkup Jantra.
Semua artikel harus ditulis dan diatur sesuai dengan pedoman penulisan
Artikel yang dikirim ke jurnal ini tidak boleh secara simultan dipertimbangkan oleh jurnal lain.
Naskah yang dikirim ke jurnal ini seharusnya tidak diterbitkan di tempat lain dalam bentuk yang identik atau serupa.

Tanggung jawab penulis
Semua penulis, termasuk penulis bersama, diharapkan telah memeriksa dan memvalidasi hasil yang diserahkan ke jurnal untuk publikasi. Terkait hal ini, penulis harus memberikan pernyataan kepada Editor bahwa semua data nyata dan asli hasil penelitian sendiri.
Penulis diharapkan untuk menyimpan semua data studi untuk pemeriksaan selanjutnya bahkan setelah publikasi.
Penulis harus mengkonfirmasi bahwa naskah tersebut tidak dalam porsi apa pun yang sedang dipertimbangkan di tempat lain atau diterbitkan dalam jurnal lain, dinyatakan dalam surat kepada editor.
Penulis harus memastikan bahwa semuanya berkontribusi pada hasil dan temuan ilmiah sebagai penulis bersama. "Kepengarangan tamu" tanpa keterlibatan sebenarnya dari penulis bersama dan "Kepengarangan fiktif" tanpa daftar penulis asli dianggap sebagai pelanggaran yang sangat serius.
Penulis tidak boleh memiliki konflik kepentingan komersial atau non-komersial.
Penulis berkewajiban untuk berpartisipasi dalam proses peer-review dan dengan kemampuan terbaik mereka untuk menanggapi persyaratan dari Reviewer / mitra bestari dan Editor untuk koreksi dan peningkatan naskah.

Tanggung jawab mitra bestari
Mitra bestari menyetujui untuk meninjau dengan keahlian untuk memberikan penilaian yang tepat dari artikel yang disampaikan.
Mitra bestari menyetujui peninjauan dengan mengembalikan peninjauan dengan tepat waktu sesuai yang ditetapkan oleh dewan redaksi.
Mitra Bestari harus menunjukkan data jika ada konflik kepentingan yang mungkin timbul saat melakukan tinjauan.
Mitra Bestari harus menunjukkan pada karya lain yang relevan yang tidak dikutip dalam artikel.
Mitra Bestari harus segera memberi tahu Redaksi jika ada bentuk plagiarisme dalam artikel yang diajukan termasuk "teks dan data daur ulang" serta "publikasi yang berlebihan atau repetitif (redudansi)".
Dengan menyetujui persyaratan tersebut, Mitra Bestari berkewajiban menjaga kerahasiaan telaah/ review dan tidak mengambil keuntungan dari informasi yang terkandung dalam karya yang disampaikan.


Biaya Publikasi Artikel

Setiap artikel yang diterbitkan oleh Jantra, tidak dikenakan biaya publikasi penerbitan.


Sejarah Jurnal

Jantra dapat diartikan sebagai roda berputar, yang bersifat dinamis, seperti halnya kehidupan manusia yang selalu bergerak menuju ke arah kemajuan. Jantra merupakan jurnal ilmiah yang pertama kali terbit pada bulan Juni 2006 yang berisi tentang dinamika kehidupan manusia dari aspek sejarah dan budaya. Jantra telah terakreditasi oleh Panitia Penilai Majalah Ilmiah-Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia sejak tahun 2009, dengan nilai akreditasi B, No. 152/Akred-LIPI/P2MBI/03/2009. Jantra terbit secara berkala dua kali dalam satu tahun, pada bulan Juni dan Desember.